Informasi Mengenai Ujian Proposal

1. Syarat Pengajuan Seminar Proposal

Mahasiswa yang melaksanakan kegiatan Seminar Proposal harus memenuhi kriteria:
1. Telah mengambil, menyelesaikan dan lulus 100 SKS kuliah. (Peraturan Akademik Unand
ps. 27)
2. Mahasiswa mengajukan proposal dengan melampirkan print KRS, print transkrip, formulir usulan judul dan usulan pembimbing skripsi.
3. Mencantumkan Skripsi dalam daftar isian KRS

2. Prosedur Pelaksanaan Seminar Proposal

1. Mengajukan satu berkas draft Proposal Penelitian kepada Prodi beserta usulan 2 orang pembimbing yang memenuhi syarat.
2. Prodi menetapkan pembimbing dalam rapat prodi yang diadakan minimal sebulan satu kali.
3. Mendapatkan penetapan dari Sekretaris Prodi. Prodi berhak mengganti pembimbing yang diusulkan oleh mahasiswa dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu.
4. Mendapat pengesahan/persetujuan dari prodi untuk melanjutkan proses bimbingan
5. Pemeriksaan draf rencana penelitian (proposal) atau sejenisnya oleh dosen pembimbing dan perbaikannya oleh mahasiswa yang bersangkutan tidak lebih dari 1 (satu) bulan. (Peraturan Akademik Unand ps. 29).
6. Mahasiswa yang bersangkutan mengajukan permohonan kepada Prodi untuk dapat melaksanakan Ujian Proposal dengan melampirkan proposal yang telah disetujui oleh pembimbing.
7. Selanjutnya Prodi akan menetapkan hari pelaksanaan ujian proposal beserta tim penguji bagi proposal mahasiswa yang layak untuk diujiankan.
8. Mahasiswa menyerahkan draft proposal kepada anggota tim penguji minimal satu minggu sebelum jadwal pelaksanaan ujian proposal

3. Pelaksanaan Ujian Proposal

1. Pelaksanaan ujian proposal dalam suatu sidang, yang terdiri dari satu dosen pembimbing pertama atau diwakili oleh pembimbing lainnya dan dua dosen penguji proposal.
2. Dosen penguji yang memiliki jabatan atau kepangkatan tertinggi bertindak sebagai ketua majelis seminar. Sekretaris dijabat oleh dosen penguji lainnya. Dosen pembimbing bertindak sebagai anggota.
3. Apabila tidak terdapat penguji yang memenuhi syarat tersebut maka ujian proposal tidak dapat dilaksanakan, dan mahasiswa harus melaporkan dan meminta penjadwalan ulang kepada pimpinan prodi, dosen pembimbing dan dosen penguji mengenai waktu pelaksanaan ujian proposal berikutnya.
4. Apabila salah satu dosen penguji yang telah ditetapkan berhalangan hadir pada hari pelaksanaan seminar yang telah ditetapkan, maka prodi bisa menunjuk penguji pengganti atas persetujuan mahasiswa, atau menjadwal ulang sidang proposal bagi mahasiswa yang bersangkutan.
5. Jadwal ujian proposal dilaksanakan minimal satu kali dalam satu bulan dengan waktu yang telah ditetapkan oleh sekretaris prodi.
6. Setelah pelaksanaan Seminar Proposal, mahasiswa berhak mendapatkan nilai atas ujian proposal yang dilaksanakannya pada hari yang sama dari Tim Penguji
7. Kriteria nilai ujian adalah lulus dan tidak lulus uji.
8. Mahasiswa yang lulus uji, bisa melanjutkan penulisan skripsi
9. Mahasiswa yang tidak lulus uji harus mengulang proses bimbingan. Pengajuan ujian kedua maksimal satu bulan sesudah ujian pertama.
10. Jika mahasiswa gagal dalam ujian kedua, mahasiswa harus mengulang proses dari awal (point 2.1). Dengan mengajukan tema yang berbeda
11. Sekretaris tim penguji melaporkan hasil akhir ujian kepada Prodi dalam bentuk berita acara ujian proposal.


4. Syarat dosen Pembimbing dan Penguji

1. Dosen Pembimbing skripsi untuk setiap mahasiswa terdiri atas 1 sampai 2 orang dosen. (Adaptasi Peraturan Akademik Unand ps. 40)
a. Pembimbing pertama dengan syarat:
i. Sesuai dengan bidang ilmunya
ii. Jabatan minimal Asisten Ahli dan bergelar Magister dengan tesis, atau jabatan akademik Asisten Ahli, tetapi bergelar Doktor.

b. Pembimbing lainnya adalah dosen tetap dan bergelar Magister. Pembimbing lain dapat berasal dari luar Unand dengan syarat relevan dan kompeten
dalam bidang yang dibimbingnya.
c. Apabila ketersediaan jenjang jabatan akademik pada suatu fakultas tidak memungkinkan, maka persyaratan pembimbing dapat diturunkan.
2. Syarat dosen penguji proposal
a. Jumlah penguji disamping dosen pembimbing minimal dua orang
b. Satu orang dosen penguji minimal berpangkat Lektor III/b

Calendar

« September 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  

Agenda Kegiatan

No events

News

Pemberitahuan Pendaftaran... Klik Disini untuk informasi daftar ulang dan daftar pembimbing...