Pengenalan Tentang Sistem Ujian & Penilaian

G. SISTEM UJIAN

Untuk mengetahui tingkat kemajuan hasil belajar mahasiswa diadakan evaluasi/ujian secara terencana yang bertujuan:

1.    Untuk menetapkan beban studi mahasiswa berdasarkan indeks prestasi persemester

2.    Untuk menentukan kelanjutan studi mahasiswa berdasarkan indeks prestasi kumulatif.

Evaluasi dilaksanakan dalam bentuk Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) secara tertulis dan terjadwal serta ujian-ujian lain berupa ujian sisipan. Disamping ujian dosen memberikan evaluasi, tugas-tugas seperti pekerjaan rumah, seminar-seminar, koleksi-koleksi, kuis, penerjemahan dan lain-lain.

Untuk dapat mengikuti ujian akhir semester pada suatu mata kuliah, mahasiswa yang bersangkutan harus telah mengikuti perkuliahan sebanyak minimal 75% dari jumlah tatap muka perkuliahaan tersebut. Bagi mahasiswa yang mendapatkan tugas rektordapat mengikuti ujian setelah minimal mengikuti perkuliahan 60% tatap muka. 

Adapun nilai akhir yang diberikan kepada mahasiswa didasarkan pada data nilai seperti diuraikan di atas setelah pembobotan tertentu

 

H. SISTEM PENILAIAN

Penilaian ujian dilakukan dengan menggunakan dua cara yakni norma absolut (Penilaian Acuan Patokan) dan norma relatif (Penilaian Acuan Normal) tergantung pada proses belajar mengajar, keadaan populasi kelas dan jenis mata kuliahnya.

Nilai akhir suatu mata kuliah seperti disebutkan sebelumnya adalah gabungan dari hasil-hasil ujian dan penilaian tugas-tugas akademik lainnya dengan pembobotan tertentu, dalam bentuk nilai angka yang berkisar antara 0 s/d 100 dan nilai mutu dalam Nilai Lengkap Akhir Semester suatu mata kuliah dinyatakan dengan Nilai Mutu (NM) yaitu A,  A-, B+ , B, B-, C+, C, C-, D dan E.

Untuk mendapatkan Nilai Mutu (NM) dipergunakan Nilai Angka (NA) dari 0 sampai 100 (seratus). Hubungan antara NA, NM dan Angka Mutu (AM) dan Sebutan Mutu (SM) adalah sebagai berikut :

 

 

 

 

 

NA

NM

AM

Sebutan Mutu

≥ 85 <100

≥ 80 <   84

≥ 75 <79

≥ 70 <   74

≥ 65 <69

≥ 60 <   64

≥ 55 <59

≥ 50 <   54

≥ 40 <49

   0 <39

A

A-

B+

B

B-

C+

C

C-

D

E

4,00

3,50

3,25

3,00

2,75

2,25

2,00

1,75

1,00

0,00

Sangat Cemerlang

Hampir Cemerlang

Sangat Baik

Baik

Hampir Baik

Lebih dari cukup

Cukup

Hampir Cukup

Kurang

Gagal

 

Nilai lulus untuk mata kuliah inti dan wajib jurusanadalah C.

Setiap mahasiswa yang tersangkut penyelesaian studinya karena kelebihan satu nilai D dari syarat yang berlaku, maka perbaikan nilai D tersebut dapat dilakukan secara khusus oleh dosen yang bersangkutan atas persetujuan ketua jurusan.

Untuk mencapai IP kumulatif yang lebih tinggi, sesudah berkonsultasi dengan penasehat akademiknya (PA), mahasiswa dapat mengulang mata kuliah yang nilainya D atau C untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi. Sebagai konsekuensinya mahasiswa tersebut harus mengikuti seluruh tugas-tugas akademik untuk mata kuliah tersebut seperti tatap muka, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, dan tugas-tugas akademik tambahan lainnya.

 

 

I. KARTU HASIL STUDI DAN TRANSKRIP NILAI

 

Kartu Hasil Studi (KHS) adalah rekaman prestasi akademik mahasiswa dari setiap semester dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) selama masa studi efektif yang diikuti oleh mahasiswa yang bersangkutan. KHS dikeluarkan oleh fakultas paling lambat dua minggu setelah UAS berlangsung setelah diolah oleh Sub Bagian Pendidikan sesuai dengan NLAS, yang telah diserahkan oleh dosen.

Transkrip adalah nilai prestasi akademik mahasiswa dari semua mata kuliah yang pernah diambil, yang diisikan oleh fakultas dan telah dimasukkan ke dalam buku induk/kearsipan fakultas. Semua mata kuliah yang sudah pernah diambil dan tercantum dalam KHS (total sks yang diikuti) harus dicantumkan dalam transkrip nilai.  Transkrip dapat diberikan kepada mahasiswa setelah yang bersangkutan menyelesaikan studi atau masih dalam masa studinya atas permintaan yang bersangkutan, maupun permintaan resmi instansi terkait.

 

J. INDEKS PRESTASI (IP)

 

Perhitungan Indeks Prestasi dilakukan melalui penjumlahan dari perkalian Angka Mutu (AM) dengan Nilai Kredit (NK) suatu mata kuliah dibagi dengan jumlah Nilai Kredit dari semua mata kuliah yang diambil pada semester yang bersangkutan dalam satu program studi, dengan rumus :

 

                        n

åMiKi

                                i =1

IP =     _________

n

åKi

i =1

 

dimana :

IP    = Indeks Prestasi

Mi    = Angka Mutu suatu mata kuliah ke-i (yang bersangkutan).

Ki    = Nilai Kredit suatu mata kuliah ke-i  (yang bersangkutan).

n      = Jumlah mata kuliah yang diambil dalam suatu program studi pada setiap semester.  

 

K. PERBAIKAN NILAI

 

Untuk perbaikan nilai seperti diuraikan dalam sistem penilaian terdahulu, mahasiswa boleh memperbaiki atau mengambil kembali mata kuliah tertentu sesudah berkonsultasi dengan PA, dengan persyaratan harus mengikuti seluruh kegiatan akademik untuk mata kuliah tersebut. Nilai yang diakui adalah nilai yang terbaru dicapai oleh mahasiswa. Dengan demikian untuk penghitungan IP yang baru nilai yang diperhitungkan adalah nilai terbaru dari mata kuliah berkaitan yang pernah dicapai.

 

Calendar

« September 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  

Agenda Kegiatan

No events

News

Pemberitahuan Pendaftaran... Klik Disini untuk informasi daftar ulang dan daftar pembimbing...