Peraturan Mengenai Sanksi Akademik

Sanksi akademik terhadap mahasiswa diberikan berupa tidak diperkenankan melanjutkan studi apabila : a) Mahasiswa yang belajar selama 4 (empat) semester efektif dimana pada evaluasi akhir semester keempat, yang bersangkutan telah lulus kurang dari 40 sks atau IPK kurang dari 2,00. b) Mahasiswa yang belajar selama empat belas semester efektif, apabila evaluasi akhir semester keempat belas tidak memenuhi syarat lulus program studi yang ditempuhnya:

a.          Belum mengumpulkan jumlah minimal sks yang disyaratkan untuk program studi yang bersangkutan.

b.          IPK kurang  2,00.

c.           Mempunyai  nilai E.

d.          Nilai D lebih dar dua (2), tidak termasuk mata kuliah yang dipersyaratkan lulus dengan nilai minimal C.

e.          Belum menyelesaikan Skripsi

Penjatuhan sanksi akademik sebagaimana dimaksud pada ayat (a) ditetapkan dengan surat keputusan rektor, setelah menerima usul dari dekan melalui pertimbangan senat fakultas.

Sanksi akademik lainnya dapat diberikan, dalam hal apabila mahasiswa melakukan kegiatan terlarang, baik yang diatur dalam tata tertib kehidupan kampus maupun dalam peraturan perundang-undangan lainnya. Sanksi diberikan kepada mahasiswa yang melakukan kegiatan, tindakan seperti berikut :

a.        Memalsukan tanda tangan yang terkait dengan nilai mata kuliah, KRS atau KHS, KKN dan KKL dan sejenisnya serta persetujuan legalisasi lainnya, diberikan sanksi pembatalan nilai semua mata kuliah/tugas yang terkait pada semester itu, dan diberikan skorsing 1 (satu) semester berikutnya dengan memperhitungkan masa skorsing sebagai lama masa studi.

b.       Berlaku curang dalam ujian, tidak disiplin, menerima atau memberi kesempatan terhadap teman untuk menyontek, menimbulkan keributan atau mengganggu pelaksanaan ujian, diberi sanksi pembatalan terhadap mata kuliah yang terkait dengan kejadian itu bagi mahasiswa yang bersangkutan.

c.        Memberikan sesuatu dalam bentuk apapun kepada dosen atau karyawan yang terkait dengan dan mempengaruhi nilai mahasiswa atau kewajiban akademik mahasiswa lainnya, diberikan skorsing satu semester berikutnya dengan memperhitungkan masa skorsing sebagai  lama masa studi.

d.       Tugas-tugas mahasiswa dikerjakan oleh pihak lain seperti proposal, skripsi, tugas akhir dan sejenisnya, diberikan sanksi pembatalan terhadap kegiatan itu, ditambah skorsing satu semester berikutnya dengan memperhitungkan masa skorsing sebagai lama masa studi.

e.        Bila dikemudian hari setelah mahasiswa di wisuda, ternyata perolehan nilai mahasiswa merupakan hasil pemalsuan dari berbagai cara, maka ijazah yang bersangkutan dibatalkan.

f.         Bila setelah mahasiswa diwisuda, ternyata skripsi atau tugas akhir yang dilakukan merupakan plagiat atau ditulis oleh orang lain atau hasil pemalsuan data dan sejenisnya, maka ijazah yang bersangkutan dibatalkan.

Penjatuhan sanksi akademik ditetapkan dengan surat keputusan  Dekan (pejabat yang berwenang), setelah menerima pertimbangan dari senat Fakultas.

Calendar

« September 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  

Agenda Kegiatan

No events

News

Pemberitahuan Pendaftaran... Klik Disini untuk informasi daftar ulang dan daftar pembimbing...