Kesempatan Buat Anak Muda Bekerja di Markas Besar PBB: United Nations Young Professionals Program

Halo teman-teman semua,

Salam kenal ya, saya Ramadhan Praditya Putra atau biasa dipanggil Odit. Saya di sini sekedar ingin berbagi pengalaman saya waktu menjalani proses rekrutmen tenaga kerja muda PBB, yaitu UN Young Professionals Program yang saya ikuti sejak Juni 2012 hingga sekarang saya bisa bekerja di Markas Besar PBB di New York. Perlu diketahui, YPP ini adalah kesempatan bagi professional muda di seluruh dunia yang berumur di bawah 32 tahun, baik sudah berpengalaman atau masih fresh graduate. Salah satu syarat utamanya adalah gelar S1 di bidang yang sesuai dengan bidang yang ingin kita lamar. UN YPP ini menjadi kesempatan besar buat pemuda Indonesia untuk bekerja di PBB, mengingat jumlah orang Indonesia di PBB masih sedikit dan terkesan underrepresented.

Secara garis besar, saya pribadi membagi proses seleksi UN YPP dalam 4 langkah:

  • Pendaftaran Online dan Pembuatan PHP (Personal History Profile).
  • Ujian Tulis
  • Ujian Wawancara (Competency-Based Interview)
  • Pengumuman penerimaan dan menunggu dalam roster (antrian).

Proses pendaftaran online saat pembukaan lowongan UN YPP hingga pengumuman penerimaan bisa menghabiskan waktu sekitar satu tahun, dan jika teman-teman diterima, teman-teman harus menunggu di dalam roster atau antrian para calon pegawai yang sudah lolos dan terkualifikasi untuk dipanggil mulai bekerja di PBB. Waktu menunggu di roster ini maksimal dua tahun dan apabila sudah melebihi dua tahun, teman-teman harus mendaftar ulang secara online lagi dan harus mengikuti ujian tulis lagi. Jadi, kalau ditotal, proses rekrutmen UN YPP mulai dari pendaftaran online hingga batas akhir keanggotaan roster bisa sampai sekitar tiga tahun. Oleh karena itu, sangat disarankan mendaftar UN YPP sedini mungkin mengingat ada batas umur, yaitu 32 tahun.

Berikut saya coba paparkan secara teknis proses rekrutmen UN YPP.

  • Pendaftaran Online

Pendaftaran UN YPP diadakan setahun sekali dan biasanya dimulai sekitar bulan Juni-Agustus. Teman-teman bisa melihat detailnya di home website UN YPP:https://careers.un.org/lbw/home.aspx?viewtype=NCE&lang=en-US. Di website tersebut, ada 3 hal yang perlu diperhatikan sebelum teman-teman mendaftar secara online:

  1. Syarat-syarat pendaftaran (umur di bawah 32 tahun, dll.)
  2. Jenis bidang pekerjaan (job family) apa saja yang bisa dimasuki untuk rekrutmen tahun tersebut. Bidang pekerjaan yang tersedia setiap tahun beda. Sebagai contoh, pada tahun 2012 saya mendaftar bidang IT. Seingat saya, bidang ini tidak tersedia waktu YPP 2013, jadi hal ini perlu dipertimbangkan.
  3. Negara-negara yang diikutsertakan dalam rekrutmen UN YPP. Hal ini perlu diperhatikan karena tidak semua negara bisa berpartisipasi setiap tahun.

Setelah 3 hal di atas sudah dikonfirmasi, teman-teman perlu melihat di bagian bawah home website UN YPP. Di situ terdapat tabel yang berjudul “Ready to apply to the young professionals programme examination?” Di tabel itu terdapat daftar posisi-posisi atau job title yang tersedia untuk YPP tahun itu beserta deadline-nya. Teman-teman bisa membuka salah satu link job title yang sesuai minat teman-teman. Setelah dibuka, akan muncul penjelasan job opening yang teman-teman pilih. Di job opening tersebut, teman-teman tinggal klik “Apply Now”. Setelah itu akan muncul window login. Di sini teman-teman harus registrasi jika belum pernah mendaftar sebagai user Inspira.

Setelah teman-teman registrasi, teman-teman akan diminta login kembali dan mengisi PHP atau Personal History Profile. PHP ini sama halnya dengan CV di mana teman-teman bisa menuliskan semua pencapaian dan pengalaman teman-teman. PHP ini juga bisa teman-teman update sewaktu-waktu jika teman-teman menambah pengalaman baru. Dari browsing tips-tips membuat CV di Internet, mungkin lebih baik jika masing-masing poin pengalaman teman-teman dideskripsikan secara singkat, dengan menekankan pada kontribusi aksi nyata apa yang telah teman-teman berikan di organisasi atau perusahaan teman-teman.

  • Ujian Tulis

Setelah teman-teman mengirimkan PHP secara online, teman-teman perlu menunggu pengumuman panggilan tes tulis. Untuk kasus saya dulu, saya mendaftar YPP secaraonline pada bulan Juni 2012 dan dipanggil tes tulis pada awal November 2012. Waktu itu saya diberi tahu lewat email bahwa saya dipanggil tes tulis di Aula Departemen Luar Negeri di Kebayoran pada tanggal 7 Desember 2012. Jadi ada waktu sekitar 1 bulan untuk belajar dan mempersiapkan.

Kalau menurut saya yang mengambil bidang IT, tes tulis ini bukan main-main. Cukup sulit dan waktu yang disediakan tidak banyak, sehingga perlu persiapan. Waktu itu, selama sebulan saya belajar dari jam 10 malam hingga jam 2 pagi karena saya pulang kantor jam 10 malam.

Tes tulis berlangsung selama 4,5 jam dan dibagi dalam dua bagian, general paper danspecialized paperGeneral paper ini berisi sekitar 40 soal pilihan ganda tentang wawasan PBB dan satu rangkuman. Bagian rangkuman berisi bacaan sekitar 3000 kata yang harus kita rangkum menjadi 500 kata tanpa menghilangkan esensi dari bacaan itu. Untuk bagian ini, menurut saya teman-teman harus banyak-banyak baca soal PBB, apalagi kabar-kabar terbaru soal PBB. Yang jelas, hal-hal sederhana dan trivial semacam kapan PBB terbentuk tidak akan keluar. Sebagai gambaran, pernah ada pertanyaan soal kapan sebuah kebijakan PBB dengan nomor UU sekian-sekian dikeluarkan, lengkap dengan hari dan tanggalnya. Untuk bagian rangkuman, menurut saya teman-teman sebaiknya banyak berlatih membaca artikel Bahasa Inggris yang berat, dan berlatih merangkumnya.

Bagian selanjutnya dari tes tulis adalah specialized paper. Bagian ini akan menguji wawasan dan kemampuan analisis dalam bidang yang teman-teman daftar. Karena saya mendaftar untuk bidang IT, saya hanya bisa memberikan kesan saya dari sudut pandang IT. Bagi saya, tes tulis itu semacam tes ujian semua materi teori IT yang saya dapat selama kuliah, seperti jaringan komputer, basis data, pemrograman, project management,distributed computingsoftware engineering, dll. Tidak lupa juga, banyak materi ujian yang jawabannya tidak bisa saya dapatkan dari materi kuliah, tapi dari pengalaman kerja. Beruntung sekali saya waktu itu, walaupun baru dua bulan bekerja di sebuah perusahaan IT di Jakarta, ilmu yang saya dapat berguna sekali untuk menjawab pertanyaan di tes tulis itu. Jadi kalau saya simpulkan, materi yang saya dapatkan di dunia kuliah maupun dunia kerja, baik teori atau praktek sangat berguna.

Tes tulis specialized paper ini bentuknya esai. Kalau tidak lupa, ada sekitar 20 pertanyaan yang harus dijawab dan masing pertanyaan dibagi ke dalam beberapa pertanyaan juga, a, b, c, dan seterusnya. Kebanyakan meminta kita untuk menjelaskan sesuatu, menyebutkan beberapa hal lalu menjelaskannya, atau membuat sebuah rancangan program atau sistem informasi.

Selain itu, salah satu hal yang bisa mempermudah teman-teman dalam mempersiapkan ujian ini adalah soal-soal tes tulis tahun-tahun sebelumnya yang disediakan di website UN YPP. Soal-soal tersebut bisa memberikan gambaran seperti apa materi yang perlu dipelajari.

  • Ujian Wawancara (Competency-Based Interview)

Jika teman-teman lolos tes tulis, teman-teman akan dipanggil untuk tes wawancara. Kalau saya dulu tes tulis tanggal 7 Desember 2012 dan dipanggil untuk wawancara pada pertengahan Maret 2013. Waktu itu saya diwawancarai 5 orang manager IT dan 1 orang manager HR dari New York melalui Skype. Para pewawancara ini harus mewawancarai banyak kandidat, jadi masing-masing kandidat diberi jatah 45 menit untuk wawancara. Oleh karena banyaknya kandidat yang harus diwawancarai, teman-teman sebaiknya mempersiapkan wawancara ini sebaik mungkin. Persiapan tidak hanya persiapan materi dan mental, tapi juga teknis. Sebaiknya gunakan jaringan kabel (Ethernet, atau istilah trennya LAN) daripada jaringan WiFi, karena lebih bisa diandalkan secara kecepatan, stabilitas, dan keamanan, meskipun menurut saya sebenarnya juga tidak apa-apa asalkan jaringan Internetnya cepat. Teman-teman juga perlu menguji apakah koneksi Internet berjalan dengan baik sejak beberapa jam sebelum wawancara. Kalau perlu, siapkan juga akun video chat lain seperti Google Hangouts, untuk jaga-jaga seandainya Skype tidak jalan.

Secara materi, sebaiknya wawancara ini perlu disiapkan terlebih dahulu karena sifatnyacompetency-based interview, di mana teman-teman harus menceritakan pengalaman teman-teman ketika menghadapi masalah, bekerja dalam tim, atau mencapai sebuah target. UN YPP juga sudah memberikan kemudahan bagi teman-teman dengan memberikan kisi-kisi pertanyaan dan jawaban seperti apa yang mereka harapkan di website mereka: https://careers.un.org/lbw/home.aspx?viewtype=AYI. Dengan begitu, mungkin teman-teman bisa mempersiapkan atau bahkan menghafal jawaban yang sekiranya diharapkan.

Dari pengalaman saya pribadi, ada dua hal yang perlu ditekankan untuk menjawab pertanyaan pada competency-based interview. Pertama, teman-teman perlu menekankan pada aksi atau tindakan yang teman-teman kontribusikan. Nilai-nilai, pemahaman, atau teori-teori bukanlah sesuatu yang ingin didengarkan pewawancara. Kedua, teman-teman perlu mengumpulkan dan mengingat hal-hal yang teman-teman lakukan ketika menghadapi masalah atau bekerja dalam tim supaya nantinya bisa diceritakan ketikainterview.

  • Pengumuman Penerimaan dan Keanggotaan Roster

Jika teman-teman lolos tahap wawancara, teman-teman akan dikirimi email penerimaan teman-teman. Pemberitahuan penerimaan ini waktunya bervariasi. Kalau saya dulu wawancara pada pertengahan Maret 2013 dan diberitahu kalau diterima pada Mei 2013. Jika teman-teman mendapat email, berarti teman-teman sudah lolos dan sudah diakui secara kapabilitas sudah mampu menjadi pegawai PBB. Namun, teman-teman perlu bersabar dulu karena teman-teman masih harus menunggu dalam roster atau antrian.Roster ini adalah antrian yang berisi orang-orang yang sudah lolos secara kemampuan untuk menjadi pegawai PBB. Tugas teman-teman selanjutnya jika sudah masuk dalamroster adalah menunggu panggilan kerja. Para manager akan melihat satu-satu PHP, nilai tes tulis, dan hasil wawancara teman-teman jika mereka sedang membutuhkan tenaga kerja alias ada pembukaan lowongan. Kemudian mereka akan memilih dan memanggil pegawai yang mereka anggap cocok untuk posisi di lowongan tersebut. Keanggotaan di dalam roster paling lama adalah 2 tahun. Jika dua tahun sudah lewat, keanggotaan rosterdihentikan dan kandidat harus mendaftar YPP dan menjalani tes tulis lagi jika masih ingin menunggu panggilan.

Meskipun kemungkinan besar untuk dipanggil cukup tinggi, namun ada saja kemungkinan tidak dipanggil sampai dua tahun selesai. Akan tetapi, jangan kecewa dahulu karena bisa masuk dalam roster YPP sudah merupakan hal yang membanggakan. Selama menunggu di dalam roster, sebaiknya teman-teman tetap aktif bekerja di perusahaan masing-masing atau mengerjakan hal lainnya. Sebaiknya jangan terlalu bergantung atau berharap pada pemanggilan YPP meskipun memang kemungkinan besar akan dipanggil. Jika memang belum dipanggil-panggil, kantor Human Resources dari PBB yang mengurusi YPP secara rutin akan mempublikasikan lowongan-lowongan kerja sementara (temporary) yang berjangka waktu 3 bulan sampai setahun yang bisa teman-teman daftar. Ini bisa menjadi kesempatan emas teman-teman untuk mendapatkan pengalaman kerja di UN sebelum benar-benar dipanggil.

Jika teman-teman akhirnya dipanggil, teman-teman akan diberikan kontrak probationselama dua tahun. Selama dua tahun ini teman-teman akan dievaluasi. Jika unjuk kerja teman-teman baik, maka setelah dua tahun teman-teman akan diberi kontrak permanen.

Demikian pengalaman pribadi saya mengenaihal-hal teknis pada rekrutmen UN YPP. Mohon maaf kalau ada salah-salah kata atau kesalahan lainnya dalam tulisan saya.

Terima kasih.

Narasumber : Ramadhan Praditya Putra (Odit), Associate Information Management Officer di United Nations Headquarters, New York, USA

Sources : https://untukpemudapemudi.wordpress.com/category/bekerja-di-institusi-internasional/

Agenda Kegiatan

No events

News

Penerimaan Beasiswa PPA tahun 2017 Penerimaan Beasiswa PPA...   Unduh Pengumuman Lengkap Disini