Informasi Mengenai Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru

Berdasarkan perkembangan dan aturan yang ditetapkan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi maka pada tahun 2016 Universitas Andalas (Unand) mengadakan 3 (tiga) jalur penerimaan, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Mandiri Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT).

 

Kuota untuk masing-masing jalur penerimaan terhadap daya tampung masing-masing program studi adalah;

 

SNMPTN merupakan seleksi yang dilakukan oleh masing-masing PTN di bawah koordinasi Panitia Nasional dengan seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa.

SNMPTN diikuti seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang sudah ditetapkan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), diselenggarakan dalam suatu sistem yang terpadu dan serentak. Biaya pelaksanaan SNMPTN ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya seleksi. Peserta SNMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan dinyatakan diterima di PTN berpeluang mendapatkan bantuan biaya pendidikan selama masa studi melalui program Bidikmisi.

Informasi SNMPTN 2016 meliputi: ketentuan dan persyaratan umum, tatacara pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta jumlah pilihan PTN dan Program Studi. Informasi ini diterbitkan untuk dipelajari secara seksama oleh sekolah dan calon peserta. Secara rinci, informasi tentang tata cara Pengisian PDSS dimuat dalam Panduan Pengisian PDSS yang dapat diakses di laman resmi http://pdss.snmptn.ac.id, sedangkan tata cara pendaftaran dan pelaksanaan SNMPTN 2016 dimuat dalam panduan peserta yang dapat diakses di laman resmi http://www.snmptn.ac.id

SBMPTN 2016 adalah seleksi yang dilakukan oleh PTN secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau menggunakan komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Pembiayaan penyelenggaraan SBMPTN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Peserta SBMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengikuti SBMPTN tanpa dibebani biaya tetapi dibiayai melalui dana bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.

Informasi SBMPTN 2016 meliputi: ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan jumlah pilihan PTN serta program studi. Secara rinci, informasi lengkap mengenai SBMPTN dimuat dalam Panduan SBMPTN yang dapat diakses di laman resmi http://www.sbmptn.ac.id.

Pada tahun akademik 2016/2017 ini Universitas Andalas bergabung dengan Perhimpunan SPMB Nusantara yang merupakan kerjasama 13 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ternama di Indonesia, menyelenggarakan Ujian Mandiri Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) Tahun 2016.

Universitas Andalas menetapkan kapasitas atau daya tampung dan keketatan penerimaan mahasiswa baru sesuai dengan program studi masing-masing. Sedangkan untuk biaya pendidikan setiap Program Studi dapat dilihat pada menu Biaya Pendidikan UMB-PT yang dibagi kepada dua komponen pembiayaan yaitu SPP dan Pengembangan Institusi (PI). SPP dibayarkan setiap semester mulai dari semester pertama, sedangkan PI diselesaikan pembayarannya pada tahun pertama pendidikan dengan pilihan pelunasan langsung atau dengan 2 (dua) kali pembayaran yang disebar pada semester pertama dan semester kedua pendidikan.

Berikut adalah daftar perguruan tinggi yang termasuk kepada kelompok PTN.

Kerjasama terjalin dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara P-SPMBN dengan PTN/PTS.

Calendar

« July 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31            

Agenda Kegiatan

No events

News

Pemberitahuan Pendaftaran... Klik Disini untuk informasi daftar ulang dan daftar pembimbing...