F.A.Q Calon Mahasiswa 1 : Apa saja yang dipelajari di Jurusan Hubungan Internasional?

 

Hal pertama yang harus dipahami adalah bahwasanya jurusan Ilmu Hubungan Internasional adalah sebuah jurusan yang mempelajari disiplin ilmu terkait hubungan internasional (inter-nation/antar bangsa) atau bisa juga disebut sebagai ilmu yang mempelajari seluruh isu dan fenomena antar lintas batas negara. Dengan semakin kompleksnya hubungan lintas batas negara di era globalisasi ini, maka fenomena hubungan internasional tidak lagi hanya masalah hubungan sebuah negara dengan negara lain atau keterlibatan negara di berbagai organisasi internasional seperti PBB (Perserikatan Bangsa—bangsa) atau WTO (World Trade Organization). Fenomena internasional lebih dari itu, bahkan hubungan antara individu dengan individu juga bisa dikategorikan sebagai hubungan internasional. Jadi jangan heran jika nantinya anda akan mempelajari tentang peran perusahaan-perusahaan, berbagai kelompok, ataupun individu terkenal baik itu politisi, pemuka agama, tokoh masyarakat, bisnisman dan artis dalam hubungan internasional.

Mempelajari hubungan internasional ibarat mempelajari sebuah dunia kompleks dan luas. Anda akan belajar isu-isu yang tidak melulu membahas tentang keterlibatan negara dan politik. Melainkan Anda juga akan membahas isu-isu lain seperti ekonomi, hukum, budaya, sosial, komunikasi, sastra bahkan isu-isu lain seperti pertanian, nuklir, teknik bahkan kedokteran. Anda akan mempelajari berbagai perjanjian internasional dan kebijakan terkait isu-isu tersebut. contohnya saja terkait akan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) maka perawat dan akuntan akan disertifikasi. Kebijakan perihal sertifikasi profesi dalam implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN inilah yang akan menjadi concern anda. Demikian juga isu-isu lain terkait berbagai profesi dan bidang ilmu.

Untuk menjawab tantangan dunia saat ini maka Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Andalas memiliki 3 penjurusan yang bisa dipilih oleh mahasiswanya, yaitu Ekonomi Politik Global, Diplomasi dan Hubungan Luar Negri. Pemilihan penjurusan terlihat saat mahasiswa memilih mata kuliah yang akan diambil. Mulai dari semester 3 mata kuliah penjurusan ini telah disediakan. Mulai dari semester 3 sampai semester selanjutnya mahasiswa jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Andalas benar-benar harus memastikan penjurusan mereka. Pilihan penjurusan ini juga akan sangat erat kaitannya dengan tema skripsi dan rencana karir masa depan anda nantinya. Jadi memang harus dipikirkan secara matang. Untuk memilih penjurusan ini, anda bisa berkonsultasi dengan dosen pembimbing akademik (PA) yang telah ditetapkan oleh jurusan. Dosen PA akan memberikan gambaran perihal penjurusan ini dengan baik karena hal tersebut adalah tanggung jawab mereka. Dosen PA hampir sama perannya dengan guru BK di SMA.

Sebagai gambaran dasar penjurusan ekonomi politik global akan mempelajari tentang masalah-masalah Ekonomi Politik Global serta aplikasinya dalam bentuk kebijakan, keputusan dan praktek-praktek kenegaraan dan masyarakat sipil. Anda juga akan mempellajari tentang konsep dan teori untuk menjawab masalah-masalah global sperti krisis ekonomi, pangan dan energi, kerusakan lingkungan, kemiskianan dan kelaparan, serta ancaman perdamaian dunia.

Penjurusan diplomasi akan mempelajari tentang perundingan dan pembuatan keputusan dengan bangsa-bangsa lain baik bilateral maupun multilateral dan forum-forum internasional. Kompetensi dalam bidang diplomasi ini akan ditekankan pada preventif diplomacy (diplomasi pencegahan) dan cultural diplomacy (diplomasi kebudayaan). Penjurusan hubungan luar negri akan mempelajari tentang keahlian dalam merumuskan, menganalisa dan emnwarkan pemecahan masalah-masalah hubungan luar negri, membentuk dan mengembangkan hubungan luar negri, memakai badan-badan pembuat keputusan internasional, termasuk hukum-hukum, aturan-aturan main dan teknik-teknik perundingan dan perjanjian internasional.

Selain mata kuliah wajib dan pilihan disetiap penjurusan, mata kuliah wajib jurusan, fakultas dan universitas adalah matakuliah yang harus wajib anda selesaikan. Mata kuliah wajib universitas dan fakultas terdapat di semester 1 dan 2 seperti Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Pengantar Sosiologi, Pengantar Ilmu Politik, Bahasa Inggris, Pengantar Politik, Pengantar Statistik Sosial, Sistem Politik Indonesia, Sistem Hukum Indonesia, Sejarah Pemikiran Ekonomi dan Manjemen Organisasi. Sedangkan matakuliah wajib jurusan biasanya tersebar di berbagai semester. Hal yang harus anda ingat, untuk mata kuliah wajib jurusan (Teori Hubungan Internasional dan Metodologi Penelitian Hubungan Internasional) nilai anda sekurang—kurangnya harus C agar bisa lulus. Jika belum mencapai nilai tersebut maka anda diwajibkan mengulang matakuliah tersebut disemester selanjutnya.

Calendar

« May 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31        

Agenda Kegiatan

No events

News